PEKERJAAN RUMAH KEPALA DAERAH TERPILIH


Pemilihan Kepala Daerah serentak telah dilakukan, hasilnya pun telah diketahui. Tahapan selanjutnya adalah penetapan hasil pemilukada, yaitu menetapkan pasangan calon yang terpilih dan terakhir nanti adalah pelantikan kepala daerah terpilih. Hal ini berarti bahwa pemenang pemilukada sudah diketahui dan hanya menunggu proses formalitas hingga yang bersangkutan resmi menjabat. Selanjutnya yang perlu mendapatkan perhatian langkah awal apa yang harus dilakukan oleh seorang kepala daerah terpilih.


Beberapa daerah dalam pemilukada serentak kali ini menyisakan pekerjaan rumah yang cukup besar akibat perilaku kepala daerah yang terdahulu. Beberapa Daerah, kepala daerahnya diindikasikan terlibat tindak pidana korupsi, bahkan terdapat Kepala Daerah terdahulu yang sudah menjadi terpidana kasus korupsi, sehingga kepala daerah yang baru harus melakukan kerja ekstra guna menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Hal ini sangat penting karena partisipasi masyarakat merupakan syarat mutlak guna mewujudkan good governance.

Partisipasi masyarakat dapat ditingkatkan jika terdapat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah sebagai pengelola pembangunan. Oleh karena itu, untuk mendongkrak tingkat partisipasi masyarakat, maka pemerintah daerah di bawah pimpinan Kepala Daerah terpilih harus mampu mewujudkan pemerintahan yang terpercaya. Kepercayaan masyarakat ini tidak bisa diperoleh secara gratis atau datang dengan begitu saja, tetapi mesti diupayakan melalui berbagai macam kegiatan yang dirasakan oleh rakyat bermanfaat dan dikelola oleh birokrasi yang dipercaya rakyat tidak akan menyalahgunakan wewenang yang dimilikinya. Birokrasi yang bersih merupakan langkah awal membangun kepercayaan masyarakat.

Keberadaan birokrasi yang bersih diharapkan akan menjadi birokrasi berkinerja tinggi dan akhirnya mampu mewujudkan program dan kegiatan pemerintah yang berdampak luas terhadap masyarakat. Kinerja birokrasi dipengaruhi oleh banyak faktor mulai dari kompetensi pegawai, ketepatan organisasi hingga ketepatan dalam penempatan pegawai, Oleh karena itu, jika Kepala Daerah menghendaki kepercayaan masyarakat meningkat sehingga akan mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan meningkat maka reformasi birokrasi merupakan sebuah keharusan.

Reformasi birokrasi yang dilakukan merupakan murni upaya untuk meningkatkan knerja birokrasi hal ini bukan berarti mengganti seluruh pejabat, treutama pada jabatan-jabatan strategis, yang merupakan peninggalan rezim lama dengan pejabat-pejabat baru yang dipercaya merupakan loyalis kepala daerah terpilih. Namun, menciptakan sebuah sistem manajemen kepegawaian yang menjamin penempatan seseorang dalam jabatan tidak terkait dengan loyalis sebuah rezim tetapi sistem manajemen yang menggaransi bahwa pejabat yang diangkat dalam sebuah jabatan adalah mereka yang paling tepat menduduki jabatan tersebut dengan berpedoman pada pemenuhan kualifikasi dan standar kompetensi jabatan. Guna secepatnya mendapatkan kepercayaan rakyat, maka reformasi birokrasi harus dilakukan secepatnya. Oleh karena itu disamping disusun blu print reformasi birokrasi jangka panjang, perlu disusun pula langkah awal yang cepat dan mampu segera mendorong terwujudnya birokrasi yang bersih.

Langkah teknis yang cepat ini akan coba diuraikan penuls pada tulisan berikutnya.

#Onedayonepost #Reformasibirokrasi #Pemerintahdaerah


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBERONTAKAN KAUM KHAWARIJ

PENGABDIAN YANG TULUS

FATAMORGANA KEHIDUPAN