SAHUR, SEBUAH KEBIASAAN BARU


Bulan Ramadan merupakan bulan yang diwajibkan untuk berpuasa bagi umat muslim yang tujuannya agar kita menjadi semakin bertaqwa. Bertaqwa secara umum adalah takut kepada kemurkaan Tuhan sehingga kita menjalani segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya.



Dengan demikian, peningkatan ketaqwaan terkait perubahan perilaku dan kebiasaan dari sebelum dan setelah puasa. Perilaku apalagi yang menjadi sebuah kebiasaan tidak akan datang begitu saja tapi perlu dilatih dan dilakukan proses pembiasaan.

Selama bulan ramadan terjadi proses pembiasaan dalam rangka internalisasi sehingga kelak setelah Ramadan menjadi kebiasaan baru yang menandakan peningkatan ketaqwaan kita. Kebiasaan kebiasaan dalam baru dalam bulan Ramadan ini bersifat langsung artinya langsung diterapkan seperti saat Ramadan dan juga tidak langsung artinya kebiasaan ini tidak secara langsung diterapkan ada pasca-ramadan tapi akan menjadi sarana melakukan kebiasaan lain yang lebih baik.

Kebiasaan baru yang bersifat langsung antara lain sholat berjamaah, sholat malam, tadarus, dan sodakoh. Pasca-ramadan, jika kebiasaan ini berhasil diinternalisasi dan menjadi kebiasaan baru atau terdapat peningkatan, inilah salah satu tanda kesuksesan ibadah puasa kita yang insya Allah kita menjadi lebih taqwa.

Kebiasaan yang tidak langsung salah satunya adalah sahur yaitu makan menjelang fajar sebagai persiapan puasa mulai fajar hingga terbenamnya matahari. Sahur juga merupakan salah satu yang disunnahkan oleh Rosulullah, utamanya mengakhirkan sahur. Pembiasan sahur bukan berarti kelak setelah Ramadan kita akan terbiasa makan menjelang fajar, namun yang diajarkan adalah bagaimana kita bangun setelah dua per tiga malam untuk menunaikan ibadah. Karena salah satu tanda orang yang bertaqwa adalah .ereka yang menunaikan sholat di kala sebagian besar manusia masih tertidur.

Disampingnya itu, dengan sahur diharapkan kita akan lebih kuat melaksanakan puasa pada siang harinya, karena tubuh kita mendapatkan asupan makanan sebelum berhenti total mengkonsumsi makanan setelah fajar tiba. Itulah sebagian manfaat sahur yang bisa kita petik untuk menunaikan salah satu sunah Rosulullah. Lalu nanti kamu sahur dengan menu apa?

#Onedayonepost #RWCday4

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBERONTAKAN KAUM KHAWARIJ

PENGABDIAN YANG TULUS

FATAMORGANA KEHIDUPAN