MENJAGA TRADISI

Bulan ramadan sudah menginjak pertengahan. Sebentar lagi kita akan merayakan lebaran. Bangsa Indonesia sangat kaya akan tradisi dalam memperingati hari raya idul fitri, salah satunya adalah halal bihalal.

Tradisi ini tidak ditemukan di tradisi bangsa lain, dan merupakan tradisi yang menggambarkan kekerabatan yang erat diantara bangsa Indonesia. Dalam tradisi ini juga terkandung makna untuk menjaga tali silaturahmi diantara sahabat, keluarga, tetangga dan orang lain. Oleh karena itu, meskipun landasan hukumnya hanya sebuah tradisi, halal bihalal sangat patut untuk dipertahankan.

Di kampung kampung Jawa, tradisi ini tidak hanya dilakukan oleh orang tua, tetapi juga dilakukan oleh anak anak. Mereka mengunjungi rumah rumah kerabat dan tetangganya. Namun, seiring dengan waktu, tradisi ini tergerus oleh kecanggihan teknologi, silaturahmi sekarang ce sering digantikan oleh WA atau SMS. Hal ini jika tidak segera diantisipasi akan melunturkan tradisi halal bihalal dan akhirnya sangat mungkin memutus tali silaturahmi.

Agar tradisi ini terus berlanjut, perlu ditanamkan kepada anak anak bahwa menjalin tali silaturahmi sangatlah penting. Namun anak anak tidak bisa hanya dinasehati saja, tetapi perlu contoh dari orang dewasa untuk terus menjaga tradisi ini, jika perlu memberikan hadiah bagi mereka yang melakukan tradisi berkunjung ke rumah kerabat dan tetangganya. Hadiah ini bisa berupa pemberian angpau, yang mengadopsi tradisi tahun baru Imlek yang memberikan angpau kepada kerabat kerabatnya. Angpau ini berupa uang kertas baru dan bagi seorang nak mendapatkan uang baru merupakan kegembiraan tersendiri. Kebiasaan memberi uang baru ini disampingnya untuk memotivasi anak anak agar mau berkunjung juga merupakan sarana untuk bersodakoh, sehingga hal ini kita ambil hal positifnya dan patut untuk dilakukan.

Dengan tradisi ini, maka terdapat kesibukan baru menjalang lebaran yaitu menukarkan uang dengan uang baru di bank bank yang sudah biasa setiap pertengahan ramadan menyiapkan pertukaran uang. Namun satu catatan, jangan sampai menukarkan uang di pinggir pinggir jalan, karena di situ terdapat riba yang harus dihindari oleh kaum muslim, sebab riba merupakan perbuatan keji yang sangat dilaknat oleh Allah SWT.

#Onedayonepost #RWCODOP2018 #RWCday14

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBERONTAKAN KAUM KHAWARIJ

PENGABDIAN YANG TULUS

FATAMORGANA KEHIDUPAN