MEMENUHI SUNAH ROSULULLAH




Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah. Salah satu bukti keberkahannya adalah dengan dilipat-gandakannya setiap amalan yang kita lakukan pada bulan ini. Oleh karena itu, pada Bulan Ramadan, umat musli berbondong-bondong melakukan ibadah, tidak hanya yang wajib tetapi juga ibadah sunah.




Dalam Bulan Ramadan, ibadah wajib dan merupakan ibadah pokok umat muslim adalah puasa Ramadan. Mengikuti ibadah wajib ini, banyak sekali umat muslim diberi kesempatan untuk menjalankan ibadah sunah, baik pada saat sahur, sepanjang hari berpuasa maupun saat buka puasa.



Salah satu sunah dalam berbuka puasa adalah mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis untuk mengawali berbuka puasa. Hal ini dimaksudkan agar tubuh kita segera mendapatkan asupan kalori secepatnya, sehingga tubuh langsung dapat digunkan untuk beraktivitas. Menjaga tubuh mampu melaksanakan aktivitas secepatnya pada saat berbuka sangatlah penting mengingat mulai berbuka ini terdapat ibadah-ibadah wajib maupun sunah yang sangat dianjurkan pada malam bulan Ramadan, seperti sholat tarawih, tadarus Al Quaran dan Itikaf di dalam Masjid.



Banyak alternative untuk memenuhi sunah tersebut mulai dengan membuat makanan atau minuman sendiri sampai membeli secara instan di warung atau took. Namun waktu menjelang berbuka merupakan yang bila dirasakan dan ditunggu tanpa aktivitas akan terasa sangat panjang, oleh karena itu sambio menanti waktu berbuka, terutama para ibu melakukan aktivitas untuk menyiapkan makanan atau minuman untuk berbuka yang tentunya diutamakan yang rasanya manis karena memang begitulah sunahnya. Baham perasa minuman yang umum dan mudah didapatkan selama Ramadan adalah Sirup.  Dengan menggunakan sirup yang sudah siap dikonsumsi dari took ini, maka ibu-ibu tidak perlu susah-susah memproses gula untuk menjadi sirup, namun bisa langsung mengggunakannya. Dan di sisi lain tujuan untuk membuat makanan atau minuman manis demi memenuhi sunah Rosul dapat dilakukan dengan mudah.



#Onedayonepost #RWC2018 #RWCday1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBERONTAKAN KAUM KHAWARIJ

PENGABDIAN YANG TULUS

FATAMORGANA KEHIDUPAN