MAKHLUK SOSIAL

Manusia adalah makhluk sosial. Oleh karenanya dia tidak bisa hidup sendirian, ia butuh orang lain untuk mempertahankan atau mengisi hidup dan kehidupannya.

Tanpa orang lain, kita tak berarti apapun. Tanpa orang lain kita tak bisa dibandingkan, lebih baik atau lebih Nurullah kita. Tanpa orang lain, kita tak bisa mengaktualisasikan diri kita. Oleh karena itu, orang lain menjadi sangat penting bagi kita.

Orang lain yang berhubungan secara intens dengan kita adalah teman. Namun tidak semua hal itu selalu sama seperti apa yang nampak di depan mata. Seorang yang nampaknya dekat dengan kita, bisa jadi memang seorang sahabat, tetapi bisa juga bukan seorang teman. Hal ini bisa terjadi karena maksud kedekatannya dengan kita belum tentu tulis ingin membangun persaudaraan tetapi bisa jadi memiliki tujuan terselubung yang kita tidak pernah tahu.

Demikian halnya dengan orang yang tidak terlalu dekat dengan kita, bahkan bisa jadi kita benci, tidak selalu musuh tetapi bisa jadi teman sejati kita. Sebab teman sejati adalah mereka yang ada ketika kita butuhkan, mendukung ketika kita memerlukannya, memeluk ketika kita susah, mengulurkan tangan ketika kita membutuhkan bantuan, juga mengingatkan ketika kita salah. Saat seseorang mengingatkan kita inilah kadang kita lupa bahwa merekalah taman terbaik kita dan bisa jadi kita memusuhinya.

Sesungguhnya sebaik baiknya teman adalah merek yang mengingatkan ketika kita melakukan kesalahan. Dan teman sejati kita adalah ketika kita berteman hanya karena Allah SWT semata.

Pada bulan yang baik ini, marilah kita mencoba untuk mengintrospeksi diri, sudahkah kita memahami teman kita yang sejati, dan berteman hanya karena Allah semata.

#RWCODOP2018 #Onedayonepost #RWCday12

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBERONTAKAN KAUM KHAWARIJ

PENGABDIAN YANG TULUS

FATAMORGANA KEHIDUPAN