BUKBER : SATU KEGIATAN UNTUK TIGA IBADAH


Ramadan merupakan bulan yang indah. Indah untuk.menjalankan setiap ibadah, tak terkecuali indah untuk berbagi dan bersedekah juga mengungkapkan tali silahturahmi.



Salah satu sarana yang dapat digunakan untuk menjalankan tiga keinginan sekaligus yaitu bersedekah, berbagi dan menyambung tali silahturahmi dalam satu kegiatan adalah buka bersama (bukber).

Hal utama yang harus disiapkan dalam bukber adalah makanan yang menjadi hidangan. Agar ibadah bisa dirasakan oleh banyak orang, maka sebaiknya hidangan bukber disediakan secara bersama sama, tentunya bagi mereka yang mampu menyediakanmya. Pahala menyediakan hidangan ini cukup besar karena barang siapa yang memberi buka orang yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala sama dengan yang berpuasa tanpa mengurangi pahala yang berpuasa.

Selama kegiatan bukber, tentunya tidak langsung berkumpul lalu makan bersama, namun banyak hal yang bisa dilakukan salah satunya berbagi ilmu. Setelah mereka yang diundang untuk bukber berkumpul, maka bisa dilakukan dengan sharing ilmu atau ide untuk dipikirkan bersama kemudian bisa jadi bila kemanfaatannya tinggi bisa dilakukan bersama.

Terakhir, bukber jelas mempertemukan mereka yang akan melakukan kegiatan ini, baik Kwan dekat, kawan yang jarang bertemu atau bahkan dengan mereka yang belum pernah bertemu. Hal ini tentunya membangun hubungan silaturahmi yang semakin dekat. Silahturahmi itu penting dan bernilai ibadah yang tinggi karena merupakan salah satu tanda bagi mereka yang beriman.

Dengan demikian jangan pernah dilewatkan undangan untuk bukber selama ramadan ini. Bahkan jika bisa marilah kita memfasilitasi bukber bisa dengan teman sendiri atau mungkin dengan orang orang marginal, seperti fakir miskin, anak yatim, orang jompo atau yang lainnya. Terakhir jika menyelenggarakan bukber, aku siap diundang, siapa tahu bisa hadir.

#RWCday2 #Onedayonepost

Komentar

  1. Aku siap diundang bukber pakpuh 😂

    Saya malah kerepotan klo dapat undangan bukber, 😓

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBERONTAKAN KAUM KHAWARIJ

PENGABDIAN YANG TULUS

FATAMORGANA KEHIDUPAN