PERINGATAN HARI JADI SEBAGAI MEDIA EVALUASI BERSAMA

Tanggal 10 April merupakan hari yang bersejarah bagi Kabupaten Nganjuk, karena tanggal tersebut merupakan hari jadi Kabupaten Nganjuk. Tahun 2018 ini merupakan hari jadi yang ke-1081. Setiap kali peringatan harti jadi, kami warga Kabupaten Nganjuk merayakannya dengan meriah. Perayaan tersebut dimulai dari prosesi boyong dari Kecamatan Berbek ke Pendopo Kabupaten Nganjuk. Prosesi boyong ini merupakan gambaran bahwa pada masa lalu ibu kota Kabupaten Nganjuk pernah ada di Kecamatan Berbek dan dialihkan ke Kecmatan Nganjuk hingga sekarang.

Disamping itu, peringatan hari jadi ini juga dirayakan dengan tasyakuran di seluruh wilayah Nganjuk, kemudian disusul dengan berbagai hiburan yang disominasi dengan kesenian-kesenian tradisional, diantaranya festival jaranan hingga pagelaran wayang kulit. Peringatan-peringatan ini merupakan perwujudan rasa syukur warga masyarakat Nganjuk kepada tuhan Yang Maha Kuasa yang telah melimpahkan rahmadnya berupa wilayah yang subur dan kondisi sosial yang penuh kegotong-royongan, dan hidup rukun.

Peringatan ini memang penting agar selalu mengingatkan kita semua, warga Kabupaten Nganjuk, bahwa pada masa lalu eksistensi Kabupaten Nganjuk diperjuangkan dengan penuh keberanian dan dengan mempertaruhkan segala yang dimiliki oleh masyarakat, harta benda bahkan darah dan nyawa. Hasilnya, pada waktu itu, diberikannya wilayah otonomi oleh Pemerintahan Empu Sindok dan merupakan wilayah yang bebas pajak. Hal ini menggambarkan bahwa perjuangan masyarakat Nganjuk, pada waktu itu bernama  Anjuk Ladang, mendapatkan apresiasi dari raja yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat yang selalu diidam-idamkan oleh siapapun dengan tidak dipungut pajak oleh raja.

Peringatan hari jadi ini, disamping untuk mengungkapkan rasa syukur, juga sekaligus sebagai momentum untuk melakukan evaluasi diri. Evaluasi ini akan menilai sejauh mana pemerintah telah mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakatnya dan bagi masyarakat mengevaluasi sejauhmana perannya dalam mendukung program-program pemerintah menuju masyarakat Nganjuk yang sejahtera. Melalui evaluasi diri ini diharapkan peringatan hari jadi tidak berlalu begitu saja tiada arti, tetapi menjadi suatu titik untuk bangkit bersama menyongsong Nganjuk yang lebih maju dan lebih sejahtera. Oleh karena itu peringatan ini perlu ditambahkan adanya forum silaturahmi dan evaluasi antara pemerintah dan masyarakat yang dilayani guna mensinergikan keduanya sehingga semua pihak menyadari posisi dan peran masing-masing, tidak sekedar peringatan yang bersifat seremonial dan hiburan yang nantinya tidak membekas dan kurang berarti pada masa yang akan datang. Melalui forum silahturahmi dan evaluasi inilah akan dihasuilakn sebuah dokumen kesepakatan bersama demi mamajukan Nganjuk pada masa yang akan datang.

#Onedayonepost
#ODOPbatch5
#Kelasnonfiksi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBERONTAKAN KAUM KHAWARIJ

PENGABDIAN YANG TULUS

FATAMORGANA KEHIDUPAN