KWEDEN RIVER PARK TAMAN REKREASI KELUARGA DI KAKI GUNUNG WILIS



Rutinitas setiap hari sepanjang pekan, baik dalam dunia pekerjaan, belajar maupun mengurusi keperluan rumah tangga, terkadang membuat seseorang berada dalam kejenuhan dan tekanan. Apabila hal ini tidak segera dapat diatasi maka akan menurunkan produktivitas. Penurunan produktivitas ini dapat berakibat fatal karena akan menimbulkan ketidakpuasan bagi mereka yang dilayani.


Salah satu cara untuk mengatasi kejenuhan dan tekanan adalah dengan berlibur. Berlibur tidak selalu harus jauh dari rumah pergi ke tempat-tempat wisata ternama, namun berlibur juga harus mempertimbangkan banyak hal sehingga tidak justru kontra produktif. Hal penting yang harus dipertimbangkan dalam berlibur adalah waktu. Jika kejenuhan dan tekanan sudah harus diatasi, sementara waktu yang tersedia tidak banyak karena hanya libur pada hari minggu saja, maka tempat hiburan yang bisa didatangi adalah yang berada di sekitar tempat tinggal kita. Harapannya, liburan hanya memerlukan waktu sehari, berangkat pagi dan sore sudah berada di rumah lagi, sehingga kecuali mendapatkan kegairahan kembali, juga memiliki waktu istirahat yang cukup dan keesokan harinya sudah bisa beraktivitas seperti biasa, tanpa harus mengambil cuti bagi yang bekerja atau bolos sekolah bagi pelajar.

Kami sekeluarga yang tinggal di Kabupaten Nganjuk agar memenuhi pertimbangan di atas, maka pilihannya adalah tempat rekreasi di sekitar Kabupaten Nganjuk. Kweden River Park merupakan salah satu pilihan yang tepat. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Nganjuk yaitu sekitar 20 km ke arah selatan, sedikit mendaki Gunung Wilis.

Kweden River Park adalah sebuah taman rekreasi yang berada di Desa Kweden Kecamatan Ngetos. Taman ini berada di sisi sebelah timur aliran Sungai Kweden, yaitu sungai yang sumbernya berada di Lereng Gunung Wilis. Sungai ini airnya sangat jernih dan menggoda untuk dinikmati. Sungai ini sekaligus digunakan sebagai arena tubing, yaitu melintasi aliran sungai di atas sebuah ban dengan memanfaatkan arus sungai, yang strat-nya berada beberapa ratus meter ke arah selatan. Bagi pengunjung yang menghendaki akan diantar ke lokasi strat dengan kendaraan roda dua oleh pengelolanya. Untuk keamanannya, sepanjang aliran sungai ditempatkan beberapa petugas yang mengawasi dan memberikan pertolongan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Disamping tubing, fasilitas yang disediakan bagi mereka yang gemar olahraga ekstrim dan mengundang andrenalin adalah flying fox, yang jalurnya melintasi sungai, sehingga kita bisa menikmati Kweden River Park dari atas. Di taman rekreasi ini juga terdapat lapangan memanah, yang menyewakan peralatan memanah sekaligus instrukturnya, sehingga siapapun yang belum pernah mengenal olahraga ini dapat mencoba dengan didampingi instruktur.

Sebagai tempat hiburan keluarga, taman ini juga menyediakan fasilitas kolam renang anak-anak. Di sekitar kolam renang juga disediakan berbagai mainan anak-anak, sehingga tempat ini sangat nyaman untuk berlibur bersama keluarga yang memiliki anak kecil.

Untuk memfasilitasi pengunjung remaja, pengelola selalu menghadirkan pertunjukkan musik live, setiap hari libur. Pertunjukkan musik menghadirkan genre yang bervariasi namun lebih banyak musik dangdut atau organ tunggal yang banyak diminati oleh remaja di sekitar Kabupaten Nganjuk. Dalam pertunjukkan musik, diberikan tantangan kepada pengunjung untuk bernyanyi dan diberikan souvenir bagi yang dianggap cukup bagus dalam penampilannya.

Bagi pengunjung yang tidak menginginkan beraktivitas, namun hanya mengantar keluarga atau bagi remaja yang hanya ingin menikmati hari libur bersama kekasihnya, disediakan tempat nongkrong. Tempat nongkrong yang disediakan cukup banyak, di cafe-cafe sekitar sungai, sehingga tempat duduknya menghadap dan menikmati aliran air sungai yang sejuk. Juga di sisi lain yang menghadap ke arah Gunung Wilis. Tempatnya yang berada di kaki Gunung Wilis memberikan pemandangan yang sangat menakjubkan. Nongkrong menikmati pemandangan nan indah sambil mendengarkan alunan musik saya yakini bisa memberikan ketenangan dan membuat kita fres kembali.

Namun Kweden River Park sebagai tempat rekreasi yang relatif baru tentunya masih memiliki beberapa kelemaha. Lahan parkir yang ada belum ditata dengan rapi, meskipun tempatnya sudah cukup luas. Disamping itu,  belum banyak dijumpai penjual souvenir, sehingga pengunjung agak kesulitan jika menginginkan sebagai kenang-kenangan telah berkunjung di tempat tersebut. Sebagai daerah yang sering kali hujan, tempat ini kurang disediakan bangunan yang memungkinkan pengunjung untuk berteduh. Bangunan yang ada tidak akan mampu menampung pengunjung yang ada jika hujan mulai turun.

Satu hal yang menjadi tempat ini cukup istimewa, terutama bagi penggemar durian. Lokasi ini berada sangat dekat dengan kawasan perkebunan durian, sehingga ketika musim durian banyak sekali penjual durian yang berada di dalam maupun di sekitar taman rekreasi ini. Bagi penggemar durian, durian Nganjuk tidak akan ditemukan di daerah lain karena rasanya yang manis tetapi terdapat sedikit rasa pajit atau gurih, ini juga merupakan salah satu daya tarik taman rekreasi Kweden River Park.

Masyarakat yang tinggal di sekitar Kabupaten Nganjuk sangat disayangkan bila tidak pernah mampir ke Kweden River Park. Apalagi taman rekreasi ini berada di jalur rekreasi menuju Air Terjun Sedudo, yang merupakan tempat rekreasi yang sudah cukup ternama di Kabupaten Nganjuk. Silakan mampir untuk menikmati berbagai macam bunga dan tanaman sekaligus berlibur bersama keluarga.

#tantanganpekankeempat
#reviewtempatrekreasi
#kelasnonfiksi
#onedayonepost
#odopbatch5

Komentar

  1. Jadi bayangin, serunya liburan ke sana

    BalasHapus
  2. Saya penasaran. Tubing itu apa sih Pak Agus? Pingin lihat fotonya jugaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tubing itu olahraga menyusuri aliran sungai bukan dengan kapal tapi pakai ban dalam mobil yang dinaiki

      Hapus
  3. Ternyata Nganjuk banyak tempat wisata juga ya. Hanya tahu sedudo saja

    BalasHapus
  4. Kemarin rencana mau kesini pas mudik pak..tapi ga jadi. Semoga pas lebaran nanti ada waktu...amiin

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBERONTAKAN KAUM KHAWARIJ

PENGABDIAN YANG TULUS

FATAMORGANA KEHIDUPAN