INSPIRASI BARU, MEDIA BERBAGI YANG REKOMENDED


Dunia tanpa batas, segala peristiwa yang terjadi di suatu tempat pada satu belahan bumi, pada saat itu juga dapat diketahui oleh mereka yang ada di belahan bumi yang lain. Inilah salah satu ciri era saat ini, yaitu era globalisasi. Hal ini dimungkinkan dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin dahsyat dengan ditandai munculnya internet. Pengguna internet yang tersebar di seluruh muka bumi dan saling terhubung merupakan penyebab dunia seakan tanpa batas.


Indonesia sebagai salah satu negara juga tidak lepas dari keadaan tersebut. Orang Indonesia bisa setiap saat berinteraksi dengan orang asing di mana pun jika mereka terhubung melalui internet. Penduduk Indonesia yang menggunakan internet sebanyak 143 juta atau lebih dari 50 persen dari jumlah seluruh penduduk Indonesia. Hal ini berarti bahwa tidak mungkin lagi membendung interaksi antara Bangsa Indonesia dengan siapa pun melalui teknologi informasi. Dampak yang ditimbulkan dari penggunaan teknologi ini bisa positif maupun negatif. Oleh karena itu, upaya yang harus dilakukan adalah meningkatkan dampak positifnya dan sekaligus mengurangi dampak negatifnya.

Salah satu dampak positif yang bisa diperoleh adalah kemungkinan saling berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman antar sesama pengguna internet. Dengan cara berbagi inilah kita semua bisa memberikan inspirasi dan kemanfaatan bagi orang lain. Salah satu media yang bisa dipakai adalah blog. Blog adalah singkatan dari Web Log yang merupakan bagian dari situs website yang dapat diakses secara online yang memiliki fungsi utama memuat tulisan-tulisan dan gambar yang dimuat dalam posting.

Salah satu fungsi blog bisa digunakan untuk melatih keterampilan menulis. Alasan inilah salah satu yang mendorong komunitas One Day One Post (ODOP) mewajibkan anggotanya memiliki blog dan menggunakannya sebagai media posting tulisannya setiap hari.

Mbak Alif Kiky sebagai salah satu anggota komunitas ODOP batch 4 yang juga memiliki blog yaitu “Inspirasi Baru”. Melalui blog ini, pemiliknya ingin meningkatkan kemanfaatan dirinya. Hal ini terlihat dari diskripsi blog tersebut yang tertulis “Berguna itu jika bermanfaat bagi orang lain”.

Inspirasi Baru merupakan blog yang cukup menarik dengan komposisi warna yang tidak mencucuk mata. Dalam blog yang selalu up date ini setiap tulisannya dilengkapi dengan labeling sehingga memudahkan untuk melakukan pencarian dengan menggunakan fitur instant searching yang tersedia di bagian kanan atas blog. Penggunaan gambar yang sesuai dengan isi tulisan merupakan nilai tambah tersendiri, meskipun belum semua tulisan disertai gambar.

Inspirasi Baru juga belum memuat iklan, sehingga pengunjung bisa lebih focus pada tulisan yang di-posting. Iklan memang merupakan salah satu cara pemilik blog untuk meraup rupiah, tetapi bila penempatannya tidak tepat akan mengganggu pengunjung. Oleh karena itu, jika nantinya diisi dengan iklan, maka diperlukan penempatan yang baik dan tidak mengganggu.

Satu lagi hal penting dalam blog adalah kesempatan interaksi antara admin dengan pengunjung. Hal ini telah difasilitasi dengan mudahnya memberikan komentar atas tulisan yang di-posting. Namun sayangnya belum semua komentar mendapatkan tanggapan yang mungkin saja sangat diharapkan oleh pengunjung yang memberikan komentar.

Untuk meningkatkan kemungkinan kunjungan, blog perlu dihubungkan dengan media sosial. Blog sangat mungkin untuk dikoneksikan dengan facebook instagram, twitter, dan sebagainya. Hal ini memang belum terlihat ada, sehingga perlu untuk diupayakan.

Terlepas dari beberapa kekurangan yang tidak akan mengganggu bagi pengunjung, secara keseluruhan blog ini sangat direkomedasikan untuk dikunjungi. Hal ini karena tulisan yang ada dalam Inspirasi baru semua merupakan tulisan yang sangat bermanfaat untuk diketahui dan dibaca oleh semua orang dari seluruh lapisan masyarakat.

#Onedayonepost
#TantanganbonusRCO
#ODOPbatch5
#Reviewblog
#Kelasnonfiksi

Komentar

  1. Blog Mbak Alif Kiky emang informatif. Josss

    BalasHapus
  2. nanti kalo dihubungkan ke medsosnya, takut ada yg nggangguin :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koneksi dengan medsos pasti akan kian meramaikan pengunjungnya

      Hapus
  3. Balasan
    1. Kalau datang ke sana, tinggalkan jejak dengan sebuah komentar

      Hapus
  4. Blogku jarang aku jamah selain post tulisan baru. Huhuhu
    Terima kasih sarannya pak 👍

    BalasHapus
  5. Betul juga ya hehe makasih mas inspiratif sekali🙏

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBERONTAKAN KAUM KHAWARIJ

PENGABDIAN YANG TULUS

FATAMORGANA KEHIDUPAN