FUN THINKER GROILER : BERMAIN SAMBIL BELAJAR

Pendidikan merupakan usaha melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan untuk mempersiapkan diri menyongsong masa depan. Pendidikan ini sangat penting diberikan sejak usia dini, karena semakin cepat anak diberikan bimbingan dan latihan semakin matang pula ia menghadapi masa depan. Namun tidak semua metode pendidikan cocok untuk anak usia dini. Oleh karena itu, perlu dipilih metode yang tepat sehingga pendidikan yang dilakukan justru tidak kontra-produktif dengan tujuannya.

Pendidikan bagi anak usia dini adalah upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan pemberian kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan ketrampilan anak. Pendidikan anak usia dini menitik-beratkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan,, daya cipta, kecerdasan emosi, dan kecerdasan spititual.

Usia dini merupakan usia yang penting dalam pendidikan, karena pada usia dini ini anak berkembang dengan cepat, sehingga  dibutuhkan rasangan yang tepat untuk mestimulasi perkembangannya, baik rasangan fisik, psikomotorik, maupun emosional. Metode pendidikan, sebagaisalah satu bentuk rasangan, yang tidak tepat akan mendorong anak untuk cepat jenuh dan lebih fatalnya, bisa menjadi traumatis sehingga anak akan melas untuk belajar. Metode yang tepat untuk mendidik anak usia dini adalah dengan bermain. Usia dini merupakan usia bermain, sehingga pembelajaran yang dilakukan harus menggunakan metode permainan, atau dapat dikatakan bermain sambil belajar.

Fun Thinker Grolier adalah satu set permainan asah otak untuk membangun keterampilan psikologi otak kiri dan kanan anak dan sekaligus berguna untuk melatih meningkatkan ketajaman berfikir anak mulai usia 2 s/d 10 tahun. Permainan ini tidak hanya sekedar permainan tetapi menitik-beratkan pada pendidikannya, sehingga bermain Fun Thinker Groiler ini anak tidak hanya belajar namun sekaligus bermain.

Satu set Fun Thinker Groiler berisi 11 buku yaitu 10 buah buku materi, sebuah match frame (sebuah bingkai 16 balok berwarna warni yang digunakan untuk mencocokan kunci jawaban) dan sebuah buku panduan bagi orang tua. Sepuluh buku tersebut meliputi tiga level keterampilan berpikir, tiga level pengetahua matematika dan tiga level kemampuan Bahasa Inggris, serta satu buku untuk meningkatkan keterampilan secara keseluruhan.



Cara bermain sambil belajar dilakukan dengan menggunakan dua halaman yang bersebelahan secara sekaligus pada setiap buku yang ada. Pada halaman tersebut terdapat gambar atau angka atau kata yang saling bersesuaian. Halaman tersebut keduanya diletakkan match frame, yang sisi  kiri ditutup dengan angka yang disediakan secara berurutan mulai dari angka 1 hingga angka 16. Kemudian, angka-angka tersebut diambil satu persatu diletakkan ke sisi sebelah kanan sebagai jawaban dari angka/gambar/kata yang terbuka setelah angka diambil di sisi kiri. 


Benr atau salahnya jawaban akan disesuaikan warna di bagian belakang frame dengan kunci jawaban di halaman sebelah kanan atas pada setiap buku. Setelah semua angka dipindahkan dari sisi kiri ke sisi kanan, kemudian frame ditutup dan dibalik, sehingga terdapat pola warna tertentu pada bagian belakang frame. Jika pola tersebutsama dengan kiunci jawaban, maka jawaban anak-anak kita benar.


Keunggulan produk ini adalah mampu mendorong anak-anak rajin belajar karena konsepnya adalah bermain sambil belajar. Produk ini juga praktis, karena disertai kemasan yang berupa tas, sehingga pada waktu tidak digunakan tidak memakan tempat ketika disimpan.

Namun, semua produk pasti memiliki kekurangan. Kekurangan produk ini tidak semua buku dan halamannya bias digunakan bermain oleh anak dengan jenjang usia berapapun, sehingga permainan ini tidak bias dilakukan tanpa didampingi orang tua. Oleh karena itu, orang tua harus memahami buku panduan yang tersedia.

Terlepas dari kekurangan yang ada, permainan ini sangat penting untuk memberikan rangsangan awal yang tepat bagi perkembangan anak-anak kita. Oleh karena itu, permainan ini sangat dianjurkan untuk anak-anak. Bagi keluarga yang mementingkan pendidikan, Fun Thinker Groiler mutlak harus dipelajari sehingga keluarga dapat memeutuskan untuk melengkapi permainan anakanya dengan Fun Thinker Groilera atau tidak.

#tantanganreviewproduk #kelasnonfiksi #onedayonepost #odopbatch5



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBERONTAKAN KAUM KHAWARIJ

PENGABDIAN YANG TULUS

FATAMORGANA KEHIDUPAN