PERENCANAAN SDM


Perencanaan sumber daya manusia adalah proses analisis dan identifikasi yang dilakukan organisasi terhadap kebutuhan akan sumber daya manusia, sehingga organisasi tersebut dapat menentukan langkah yang harus diambil guna mencapai tujuannya.



Selain itu, pentingnya diadakan perencanaan sumber daya manusia ialah organisasi akan memiliki gambaran yang jelas akan masa depan, serta mampu mengantisipasi kekurangan kualitas tenaga kerja yang diperlukan.

Perencanaan SDM dilakukan dengan membandingkan kebutuhan SDM pada masa yang akan datang dengan ketersediaan SDM pada saat ini, baik secara kualitas/kompetensi maupun secara kuantitas.

Kebutuhan SDM pada masa yang akan datang secara kualitas/kompetensi diperoleh dari hasil analisis jabatan. Dimana Anjab ini hasilnya adalah jenis jenis jabatan yang ada pada organisasi beserta standartnya kompetensi dan persyaratan jabatan lainnya.

Sedangkan kebutuhan SDM pada masa yang akan datang secara kuantitas diperoleh dari hasil analisis beban kerja. Dimana ABK ini hasilnya adalah jumlah yang dibutuhkan pada masing masing jabatan yang ada.

Anjab dan ABK ini sudah mempertimbangkan visi organisasi kedepannya, perubahan teknologi masa depan, dan hal hal yg terkait pengembangan organisasi pada masa yang akan datang, sehingga kebutuhan yang diperoleh tidak saja kebutuhan saat ini tapi juga kebutuhan pada masa yang akan datang.  Hasil Anjab dan ABK ini yang dalam konteks PNS disebut sebagai formasi keseluruhan PNS.

Keadaan SDM saat ini dilihat dari jabatan yang telah ditempati oleh pegawai yang ada saat ini. Sedangkan secara kompetensi, keadaan saat ini bisa dilihat dari persyaratan jabatan yang telah dipenuhi oleh pengemban jabatan saat ini dan persyaratan jabatan atau kompetensi yang dibutuhkan jabatan yang belum terisi.

Dengan memperbandingkan kedua hal tsb, maka diperoleh kebutuhan SDM yang harus dipenuhi, baik secara kualitas maupun kuantitas.

Kekurangan kuantitas bisa diperoleh melalui rekruitmen baik dari internal organisasi dengan cara mutasi dan promosi atau dari luar organisasi melalui penerimaan pegawai.

Hasil perbandingan inilah yang dalam konteks PNS disebut formasi kebutuhan pegawai.

Demikian secara singkat uraian perencanaan SDM yg merupakan salah satu fungsi msdm yang sangat strategis.

#Onedayonepost
#ODOPbatch5

Komentar

  1. Anjab itu analisa jabatan? Mungkin bisa lebih mudah dipahami kalau ditulis 'analisa jabatan (Anjab)'....sama halnya dengan ABK.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBERONTAKAN KAUM KHAWARIJ

PENGABDIAN YANG TULUS

FATAMORGANA KEHIDUPAN