OUT BOUND, SEBUAH METODE PEMBELAJARAN


Metode pelatihan tidak lagi melulu harus di sebuah ruang kelas dengan guru di depan dan menyampaikan materi sedangkan muridnya duduk tadzim mendengarkannya. Kelas klasikal semacam ini sudah semakin berkurang penggunaannya. Banyak metode pembelajaran nonklasikal yang saat ini dikembangkan, salah satunya metode pembelajaran di alam terbuka.



Salah satu metode pembelajaran di alam terbuka, khususnya pembelajaran kepemimpinan adalah dengan metode out bound. Out bound berasal dari dua kata out dan bounderles yang artinya keluar dan tanpa pagar. Jadi out bound adalah metode pembelajaran yang dilakukan di alam terbuka keluar dari rutinitas dan kebiasaan kebiasaan yang selama ini mengikat.

Tujuan out bound untuk lebih memahami diri sendiri dan orang lain, sehingga mampu mengambil sikap terbaik demi tercapainya tujuan bersama. Hal ini dilakukan melalui berbagai simulasi dalam permainan yang biasanya menggunakan atau memanfaatkan kondisinya alam. Alam digunakan sebagai media karena alam itu jujur, alam tak pernah ingkar janji dan alam memberikan tanda jika sesuatu akan terjadi.

Prinsip dalam out bound satu untuk semua dan semua untuk satu. Hal ini berarti bahwa setiap anggota kelompok secara setara dianggap sama penting, namun juga perlu diingat bahwa keberadaan anggota harus rela dan sadar untuk berjuang dan berkorban demi kelompok dan anggota kelompok yang lain sehingga kelompok mampu melalui setiap tantangan secara bersama sama.

Kelengkapan out bound adalah games atau permainan sepanjang out bound berlangsung. Permainan ini tergantung tujuan diadakannya out bound. Jika tujuannya bersenang-senang, maka out bound akan dipenuhi dengan fun games. Namun jika tujuannya membangun kepercayaan diri, maka permainan yang mengundang andrenalin yang akan dihadirkan, demikian seterusnya.

Namun dengan kondisi sekarang out bound banyak digunakan untuk bersenang-senang semata sehingga makna dari sebuah permainan dalam out bound semakin dilupakan. Sesungguhnya hal yang paling esensial dalam out bound justruk ketika kita merefleksikan seluruh permainan dalam kehidupan berorganisasi, kepemimpinan, maupun kehidupan sehari hari, sehingga kita bisa belajar dari permainan yang disajikan.

#Onedayonepost
#ODOPbatch5

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBERONTAKAN KAUM KHAWARIJ

PENGABDIAN YANG TULUS

FATAMORGANA KEHIDUPAN