MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA, PENGERTIAN DAN TUJUAN



Sumber daya manusia merupakan sumber daya utama dalam organisasi, sebab hanya sumber daya manusia yang mampu menggerakkan sumber daya organisasi lainnya untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi, tanpa adanya sumber daya manusia, tidak mungkin sebuah organisasi mampu mencapai tujuan-tujuannya.Semakin baik kinerja sumber daya manusianya, maka semakin baik pula kinerja organisasinya, dan sebaliknya semakin buruk kinerja sumber daya manusianya, semakin buruk pula kinerja organisasinya.


Peran sumber daya manusia yang sangat penting dan strategis ini mengharus organisasi untuk mengelola sumber daya manusianya dengan baik. Pengelolaan sumber daya manusia biasanya dikelola olehsuatu departemen yaitu departemen sumber daya manusia. Dalam konteks pemerintahan, pengelolaan sumber daya manusia dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi, sedang dalam pemerintahan daerah dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Daerah atau Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia adalah ilmu atau cara untuk mengatur bagaimana hubungan serta peranan suimber daya manusia secara efektif dan efisien sehingga  dapat dimaksimalkan untuk mencapai tujuan bersama, baik tujuan personal pegawai, tujuan organisasi atau perusahaan maupun tujuan masyarakat.

Dalam konteks pemerintahan, manajemen sumber daya manusia termuat dalam Undang Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara yang kemudian dijabarkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Dalam undang undang dan peraturan pemerintah di atas, disebutkan bahwa manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah pengelolaan PNS untuk menghasilkan pegawai PNS yang profesional, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme.

Berangkat dari pengertian di atas, maka manajemen sumberdaya manusia bertugas untuk mengelola sumber daya manusia sedemikian rupa sehingga sumber daya manusia yang ada sesuai dengan kebutuhan organisasi, sehingga mampu melaksanakan tugas pekerjaannya dengan lebih baik.

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia memiliki 2 tujuan pokok, yaitu secara organisasional dan secara individual. Secara organisasional, manajemen sumber daya manusia bertujuan untuk menjamin tersedianya sumber daya manusia baik secara kuantitas maupun kualitas, yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sedangkan secara individual, menjamin tercapainya tujuan pribadi tiap anggota orghanisasi melalui aktivitasnya dalam organisasi. Dengan demikian manajemen sumber daya manusia harus menyeimbangkan tujuan organisasi dengan tujuan individu.

Penyeimbangan kedua tujuan ini dapat dilakukan melalui kebijakan manajemen sumber daya manusia yang bersifat adil, artinya setiap aktivitas sumber daya manusia dalam organisasi perlu diberikan imbalan, dan imbalan yang diberikan harus sesuai dengan kontribusi sumber daya manusia tersebut dalam membantu organisasi mencapai tujuannya, sehingga pegawai yang memiliki kinerja lebih tinggi harusnya mendapatkan imbalan yang lebih tinggi pula dibandingkan dengan mereka yang kinerjanya lebih rendah.

#Onedayonepost
#ODOPbatch5

Komentar

  1. Setuju sekali...besarnya imbalan (atau kompensasi & benefit) harus sebanding sama keringet. Yang keringetnya paling banyak harus dapet paling banyak juga.

    Bukan tentang berapa lama ybs ada di sebuah organisasi, tapi soal berapa banyak kontribusi yang sudah diberi.

    Betul begitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sistem imbalan sering kali menjadi masalah, karena jika dianggap tidak adil akan berakibat pada demotivasi. Dan inilah yg terjadi di pemerintahan, meski sekarang sudah mulai diperbaiki. Terima kasih telah menyempatkan mampir ke blog yg sederhana ini

      Hapus
  2. Paragraf pertama,kalimat pertama bisa dipecah jd 2 kalimat pak..bacanya ngos2an. Baca ini kayak baca jurnal, hehe..

    BalasHapus
  3. seperti ikutan kuliah manajemen... thanks jadi tahu soal ilmu manajemen SDM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas, semoga bisa balas BW ke blog jenengan

      Hapus
  4. Jadi ingat waktu kuliah...
    Sukses selalu pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima.kasih mbak, semoga sukses juga untuk mbak Fitri dan juga teman teman semua

      Hapus
  5. Wah informatif sekali tulisannya Pak Puh. Meski saya masih menemukan beberapa pengulangan kata dan kalkmat kurang efektif, tapi sudah banyak perkembangan tulisannya. Semangat menulis Pak Puh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, akan coba diperbaiki ke depannya

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBERONTAKAN KAUM KHAWARIJ

PENGABDIAN YANG TULUS

FATAMORGANA KEHIDUPAN