AGUS BREWOK, SEBUAH NAMA YANG ISTIMEWA


Agus Brewok, mungkin untuk sebagian orang nama blog ini agak aneh dan tidak keren, tetapi tentu bagiku ada sesuatu yang istimewa di balik pemilihan nama ini.


Nama blog ini tersusun dari 2 suku kata, yaitu Agus dan Brewok. Agus merupakan nama depan saya, lengkapnya Agus Heri Widodo. Agusku merupakan agus yang orisinil, karena di luar sana ada juga agus yang tidak orisinil, Orisinilitas agus dilihat dari bulan lahirnya, bagi agus yang dilahirkan pada bulan agustus adalah agus yang orisinil, di luar sana ada agus yang tidak terlahir pada bulan agustus.

Kita semua tahu, nama agus adalah nama pasaran, yaitu sangat banyak orang yang menggunakan nama agus di muka bumi ini. Oleh karena itu, sangat wajar bila setiap agus memiliki nama beken masing-masing, dan Agus Brewok merupakan nama bekenku, tidak semua orang yang tinggal disekitarku tahu nama Agus Heri Widodo, tapi jika menyebut nama Agus Brewok semua orang disekitarku pasti tahu bahwa yang dimaksud itu aku.

Nama brewok ini, sudah menggambarkan bahwa aku adalah suku Jawa, sebab brewok berasal dari bahasa Jawa yang dalam bahasa Indonesia adalah jambang. Nama ini juga sekaligus menggambarkan bahwa aku berjambang, meski seringkali dibersihkan.

Panggilan brewok ini tidak serta merta ada, panggilan ini muncul karena banyaknya nama agus yang ada di sekitar saya. Ditempat tinggal kami yang merupakan gang kecil di sebuah perumahan saja terdapat 3 orang bernama agus dan di kantor kami terdapat 5 orang bernama agus, sehingga untuk memudahkan berkomunikasi, para sahabat memanggilku dengan nama Agus Brewok.

Namun tidak semua orang memanggilku dengan nama itu, ada yang memanggil heri atau agus heri, karena dipanggil dengan ciri fisik itu tidak semua orang berkenan, sehingga orang orang yang tidak terlalu dekat agak sungkan memanggilku dengan nama beken ini. Hanya mereka yang merasa dekat secara psikologis dan emosional denganku yang memanggil dengan nama Agus Brewok. Pendek kata, hanya para teman dekat, sahabat dekat dan orang orang terdekatkulah yang memanggilku dengan sebutan Agus Brewok atau mas Brewok atau Pak Brewok, atau Mas Bre atau Pak Bre atau Mas Wok atau Pak Wok.

Blog ini aku namai Agus Brewok karena dengan harapan siapapun yang mampir di blog ini akan menjadi Sahabat atau Saudaraku sehingga tidak sungkan memanggilku dengan nama beken, Agus Brewok beserta variannya. Kita akan menjadi sahabat dekat bahkan saudara dalam bertukar pikiran, berbagi ide, dan berdiskusi berbagai macam persoalan.

Siapapun yang telah membaca tulisan ini, maka kita telah bersahabat bahkan bersaudara, marilah kita berperilaku sebagai sahabat atau saudara yang sesungguhnya. Seorang sahabat adalah mereka yang menerangi ketika sahabatnya diliputi kegelapan, mengangkat ketika terpuruk, mendorong ketika terhenti, melapangkan ketika sempit, meluruskan ketika bengkok dan mengingatkan ketika lupa. Memang berat menjadi sahabat, tapi itulah risiko bersahabat.


Semoga blog ini menjadikan kita kian dekat, kian menjadi sahabat dan saudara sejati, dan mendatangkan keberkahan-Nya melalui persahabatan dan persaudaraan kita. Aamiin.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBERONTAKAN KAUM KHAWARIJ

PENGABDIAN YANG TULUS

FATAMORGANA KEHIDUPAN